14/11/2020 Cara Berhemat Saat Kuliah

5 Cara Berhemat Saat Kuliah

Isaotomitacollections – Artikel ini menyajikan 10 tips menghemat uang di perguruan tinggi! Berikut 5 tips teratas, selebihnya akan dibahas di artikel selanjutnya.

1. Simpan!

Simpan, simpan, simpan … kata-kata yang kita dengar sejak kecil dan yang sangat membosankan. Masih ingat lirik lagu “Saving”? Titiek Puspa rupanya masih berlaku hingga saat ini lho, khusus untuk mahasiswa kamu: “Jajan itu enak, hemat pokoknya hemat belanja, enak jangan lupa hemat … Bing, saudaraku, ayo pergi ke bank … kita tahu nanti kita bisa untung. ” Apalagi saat ini sedang masa pandemi dan harus kuliah online.

Sebagian besar dari Anda pasti berpikir bahwa jika Anda hanya ingin membeli kebutuhan, apalagi menggunakannya untuk menghemat uang. Tetapi menabung memungkinkan kita untuk belajar bagaimana membatasi pengeluaran dan menyimpan uang untuk kontinjensi di masa depan.

Kita juga jadi mahir mengatur pemasukan dan pengeluaran uang kita sendiri. Jangan mengeluarkan uang terlalu banyak. Biasanya, pekerjaan rumah siswa telah kedaluwarsa sebelum periode “kedaluwarsa”. Hal ini berdampak pada terhambatnya kita untuk membeli kebutuhan pokok seperti pangan, padahal justru kebutuhan tersebut yang harus diutamakan.

2. Klasifikasi pengeluaran

Biasakan mengelompokkan jenis-jenis pengeluaran. Pengeluaran kita sebagai pelajar pada umumnya dibagi menjadi pengeluaran saat ini: biaya sewa kost, kredit dan makan sehari-hari. Dan ada juga pengeluaran tidak lancar seperti perjalanan dengan teman, fotokopi, atau tugas. Kita perlu membuat daftar pengeluaran ini dan mengklasifikasikannya apakah termasuk dalam biaya saat ini atau tidak. Kemudian buatlah amplop yang membagi biaya tersebut, dan kapanpun Anda menerima uang saku di awal bulan, segera masukkan uang tersebut ke dalam setiap amplop dengan jumlah yang Anda tentukan sesuai kebutuhan. Anda juga disarankan untuk menyertakan kuitansi atau bukti pembayaran di setiap amplop, untuk memverifikasi pengeluaran di akhir bulan.

3. Diskon untuk pelajar

Manfaatkan restoran atau toko yang menawarkan diskon untuk pelajar. Banyak perusahaan gastronomi menawarkan diskon kepada pelajar untuk menunjukkan kartu pelajar Anda. Diskon yang mereka dapatkan cukup bagus, biasanya berkisar antara 15% hingga 20%. Restoran seperti Pepper Lunch, Pizza Hut, Sushi Tei dan lain-lain.

4. Bawalah perbekalan

Padahal, bagi kita yang hidup sendiri tanpa orang tua yang selalu memberi makan di pagi hari, sulit menyisihkan waktu untuk menumpuk. Banyak dari kita akan berpikir, “Saya hanya ingin bangun pagi, sering terlambat, di mana Anda membuat makan siang?” Namun, selain membuat perbekalan yang dibuat sendiri, mereka lebih menjamin kesehatan dan kebersihan, jika dihitung, biayanya sendiri lebih murah daripada membeli makanan di kafetaria atau restoran. restoran. Kantin kampus mungkin menawarkan makanan lebih murah daripada kebanyakan restoran, tetapi selalu lebih murah jika kita memasak makanan kita sendiri. Sulit untuk melakukannya setiap hari, tetapi kita dapat mencobanya jika kita memiliki waktu luang di pagi hari sebelum kelas dimulai. Tidak ada yang salah dengan itu, bukan?

5. Manfaatkan perpustakaan

Tips ini hampir sama dengan tips sebelumnya. Seringkali guru kita meminta kita untuk membeli buku dengan harga yang tidak murah. Atau donasikan artikel dengan syarat Anda menjadi sumber sumber untuk buku-buku ini. Di sinilah kita bisa memanfaatkan perpustakaan kampus kita, teman-teman. Buku-buku yang disediakan di sana tentunya dikategorikan sesuai dengan kebutuhan kampus, dan biasanya para guru juga mendapatkan bukunya dari sini, lho! Sudah jelas seberapa banyak kita bisa menggunakan perpustakaan universitas, bukan?