23/11/2020 Tips Instalasi Listrik Rumah

Tips Instalasi Listrik Rumah

Isaotomitacollections –┬áListrik menjadi kebutuhan primer setiap orang, mulai dari menyalakan lampu hingga sekadar mengisi daya baterai smartphone. Tentunya pemasangan listrik rumah harus dilakukan dengan aman agar tidak terjadi korsleting atau kebakaran.

Kenali rencana instalasi listrik rumah tangga

Panduan awal pemasangan instalasi listrik rumah tangga adalah dengan mengatur letak box MCB (miniatur circuit breaker), lampu, saklar dan outlet pada tingkat perumahan. Tidak hanya memastikan tersedianya gerai yang cukup untuk kebutuhan rumah tangga, posisi lokasinya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan penghuninya, seperti saklar yang diletakkan di samping pintu kamar tidur, agar tidak terjadi kesalahan yang bisa mengurangi kenyamanan atau membahayakan penduduk.

Gunakan kabel SNI standar saat memasang sistem kelistrikan rumah

Saat melakukan pemasangan listrik rumah terpaksa harus menggunakan kabel standar SNI karena terjamin keamanannya dan tidak mudah terkikis atau terkelupas. Sedangkan penggunaan kabel listrik berbeda-beda, misalnya kabel dengan diameter 2.5mm yang cukup kuat untuk disuplai listrik sampai dengan 5000 watt pada hunian dengan luas kurang dari 70 meter persegi.

Untuk penyaluran listrik ke peralatan rumah tangga seperti lampu dapat menggunakan kabel berdiameter 1.5mm yang aman diaplikasikan pada soket dan lampu dibawah 100 watt. Ingatlah untuk membungkus kabel daya dengan saluran fleksibel agar mudah diganti dan untuk memastikan arus listrik tetap stabil meskipun kabelnya hancur atau tergigit mouse.

Distribusi baki kabel selama instalasi listrik rumah tangga

Idealnya, distribusikan kabel sesuai dengan kebutuhan instalasi kelistrikan rumah Anda, seperti untuk pompa air, AC, lampu, outlet dan pengganti pemutus arus. Jika belum tahu, MCB (Miniature Circuit Breaker) adalah salah satu peralatan listrik untuk memutus aliran listrik pada sekelompok saluran listrik jika terjadi pemakaian berlebihan atau korsleting.

Gunakan hanya satu saluran pada perangkat berdaya tinggi

Untuk elektronika rumah dengan watt besar seperti pemanas air, pompa air dan AC, lebih baik menggunakan saluran terpisah agar aman dan tidak mengganggu penggunaan kabel lainnya. listrik, seperti yang terlihat pada lampu berkedip yang tidak stabil. Selain itu, pembagian jalur pada saat pemasangan listrik rumah ini juga membuat kabel lebih awet karena beban arusnya tidak berlebihan.

Buat sambungan pembumian selama instalasi listrik rumah tangga

Mekanisme pentanahan juga harus dilakukan pada saat pemasangan listrik rumah agar lebih aman dan terhindar dari sengatan listrik saat listrik tiba-tiba bertambah, misalnya saat terjadi petir atau maintenance PLN. Dengan menyalurkan listrik dari blok MCB ke tanah, listrik tidak akan meledak di salah satu saluran listrik di rumah.

Untuk pembumian pada instalasi listrik rumah tangga, dapat menggunakan alat yang disebut dengan differential circuit breaker (ELCB) dan kabel khusus berukuran minimal 4 mm.

Gunakan hanya steker berkualitas untuk instalasi listrik rumah tangga

Penggunaan steker yang berkualitas sangat penting pada saat melakukan instalasi listrik rumah tangga. Paling tidak, gunakan stopkontak yang stabil dan tidak longgar, terutama jika ada penumpukan di satu titik, karena dapat menyebabkan lonjakan dan merusak perangkat lebih cepat jika aliran tidak tersambung dengan benar.

Periksa kualitas instalasi listrik rumah tangga secara berkala

Setelah rumah dipasang listrik beberapa tahun lalu, luangkan waktu untuk mengecek aliran instalasi listrik rumah. Jika Anda menemukan kabel yang mulai terkelupas, bengkok, atau jaket mulai mengeras, Anda disarankan untuk mengganti kabel dengan yang baru.

Panduan di atas dapat anda ikuti agar instalasi listrik rumah tangga dapat dilakukan dengan lebih aman dan terhindar dari kesalahan instalasi listrik rumah tangga yang dapat mengakibatkan korsleting. Selain itu, Anda juga bisa menyewa jasa kontraktor listrik bersertifikat untuk mengawasi dan memastikan bahwa instalasi listrik rumah dilakukan dengan benar.

Itu dia tips dari jasa bangun rumah di jogja.